Pada
era global seperti sekarang ini, aktivitas penduduk Indonesia sangat didukung
dengan media online yaitu internet. Internet
secara nyata mendatangkan banyak manfaat, seperti kemudahan akses informasi, serta
tidak dibatasi ruang dan waktu. Sehingga tren internet sejalan dengan perkembangan
jaman telah menghasilkan e-commerce sebagai
salah satu akses penjualan di dunia maya yang dapat dikenalkan untuk barang dan
jasa.
Selama
ini masyarakat yang ingin membeli suatu produk diharuskan untuk mendatangi
tempat dari penjual produk sendiri dan hal itu sangatlah tidak efisien bagi
para pengguna yang mempunyai kesibukan yang sangat padat. Dengan adanya
layanan electronic commerce (e-commerce) ini
maka pengguna dapat mengakses serta melakukan pesanan dari berbagai tempat.
“
Ngapain harus ke tokonya kalau beli barang dari rumah aja bisa kan ada online shopping.”
(Faizal
Alfiana Sakti. Mahasiswa Teknik Informatika, Universitas Gunadarma)
Faizal
menuturkan bahwa efisiensi waktu dan tempat merupakan hal utama yang dihasilkan
dari jasa jual beli online. Saat ini
dengan duduk manis di dalam rumah dan akses internet, kita sudah dapat
melakukan pembelian barang.
Pemilihan
berkonsumsi lahiriah masyarakat seperti pakaian, tas, sepatu, buku dan
kebutuhan lainnya dapat ditemukan melalui akses internet. Perubahan yang semula
jika bertransaksi di pasar menggunakan komunikasi secara verbal dalam
berinteraksi, sebaliknya jika berbelanja melalui online shop proses beriteraksinya hanya melalui jaringan internet
tanpa bertatap muka sehingga tidak adanya tawar menawar.
Online shop memiliki
cara sendiri dalam proses transaksinya. Online
shop terlihat sangat rumit bagi para pemula penggunanya. Tahapan dari pemesanan
barang yang diiklankan sampai ke tangan pemesannya melalui tahapan yang bertele-
tele. Ada beberapa cara melakukan transaksi dalam online shop. Pertama adalah dengan transfer langsung, mode
transaksi langsung sering dilakukan dan sangat diminati. Bukti pengiriman dan
penerimaan barang akan diterima setelah transaksi pembayaran. Dan yang kedua
adalah COD (Cash On Deliveery),
dengan istilah lain bertemu langsung dengan calon penjual atau pembeli dan
membayar langsung barang yang disepakati.
“
Belanja online agak riweuh dan harus sabar.”
(belanja
online sedikit rumit dan harus sabar)
(Nur
Ainun A.I. Mahasiswi Kesehatan Masyarakat, Unsoed)
Namun
setelah terbiasa menggunakannya akan terlihat lebih mudah, sistem kepercayaan
adalah salah satu syarat yang selalu digunakan dalam online shop. Awalnya ketika akan melakukan transaksi berbelanja
dengan menggunakan online shop akan
disambut dengan visual yang menarik juga harga yang sangat menggiurkan. Berikut
contoh gambar toko online yang pernah
dikunjungi :
Gambar
Salah satu online shop yang
dikunjungi Nur Ainun A.I
Gambar di atas
merupakan salah satu contoh toko online yang
pernah dikunjungi. Dia mengaku Web tersebut
menjual barang yang diinginkannya, selain model barang tersebut juga kualitas
barangnya oleh sebab itu kepercayaan terhadap toko online terbentuk dengan sendirinya.
Hal senada diungkapkan
oleh informan ketiga yang kerap menggunakan jasa online shop.
“Belanja online shop gampang, bisa dilakukan
dimana aja. Harganya kadang lebih murah dari pasaran, tapi harus hati- hati
kadang zonk kalau gak tau kualitasnya.”
(Alex Dani
Irawan. Masyarakat umum)
Alex menuturkan sering menggunakan jasa online shop, dan tidak jarang pula
mendapatkan kekecewaan terhadap kualitas barang yang didapat. Dia menceritakan
pernah sekali tertipu toko online yang
menyertakan predikat barang asli terhadap barang yang dijualnya. Namun pada
kenyataannya, kualitas barang yang didapatkannya tidak sesuai yang diharapkan.
Dan dia menambahkan tidak jera melakukan beli online, hanya saja dibutuhkan ketelitian serta kecermatan sebelum
menentukan pilihan yang tepat.
Pendidikan
yang tinggi akan mengubah pola kehidupan masyarakat. Sama halnya dengan pola
konsumsi masyarakat akan berubah sesuai dengan pola pembentukan nilai sosial
atau gaya hidup. Masyarakat akan lebih pintar untuk memilih apa yang menjadi
kebutuhan konsumsinya.
Dari
beberapa pengalaman yang dituturkan dalam tulisan ini, saya ingin memberikan
saran kepada pembaca bahwa pemilihan jasa e-commerce
khusunya online shop dalam
pemenuhan kebutuhkan memberikan kemudahan yang instan, selain itu sebagai bahan
pertimbangan bahwa online shop juga dapat
menimbulkan kekecewaan karena barang yang diinginkan tidak sesuai yang
dikehendaki. Kewaspadaan dalam menggunkannya sebaiknya menjadi bahan
pertimbangan bagi pengguna. Menggunakan situs resmi yang terpercaya dan memilih
kualitas barang yang tinggi ketika melakukan transaksi online shop.
0 komentar:
Posting Komentar